Syahrul, Fahruddin (2020) STRATEGI BIMBINGAN KARIR DALAM MERENCANAKAN STUDI LANJUT SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI SLB NEGERI 1 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.3200.088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi bimbingan karir dalam merencanakan studi lanjut siswa penyandang disabilitas guna untuk mencapai pemahaman tentang studi mereka, sehingga mereka mampu untuk memilih dan menentukan karir mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi SLB Negeri1 Parepare dalambimbingan karir dalam merencanakan studi lanjut siswa penyandang disabilitas dan juga faktor penghambat siswa penyandang disabilitas Di SLB Negeri 1 Parepare untuk melanjutkan studi dengan menggunakan pendekatan deskriktif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai bahan penguat penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan strategi bimbingan karir terhadap studi lanjut siswa disabilitas di SLB Negeri 1 Parepare menggunakan beberapa strategi sebagai bahan penguatan siswa untuk melanjutkan studinya antara lain : pemberian bimbingan belajar, bimbingan keterampilan seperti Pemahaman IT dan menjahit dan juga pemberian motivasi bagi siswa namun dalam pelaksanaannya tidak mudah karena kurangnya guru keterampilan, perubahan mood saat belajar dan juga jauhnya akses studi sehingga menjadi ke khawatiran dari orang tua untuk bisa memberikan izin anaknya melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi bimbingan, karir, siswa penyandang disabilitas
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 06 Oct 2024 13:08
Last Modified: 06 Oct 2024 13:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item