Mashuri, Mashuri (2024) Terapi Murottal Al-Qur’an dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Akademik Siswa di MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203870232041 MASHURI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Kecemasan adalah keadaan emosional yang ditandai rasa khawatir, tegang, serta gejala fisik lainnya. Siswa yang mengalami kecemasan akademik akan mempengaruhi minat belajar dan pengerjaan tugas yang kurang optimal. Dengan demikian, diperlukan intervensi berupa pemberian terapi murottal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terapi murottal Al-Qur’an efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan akademik siswa di MAN Pinrang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif pre-experimental menggunakan desain one group pretest and posttest. Pada desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest sesudah diberi perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 12 orang kelas IPS MAN Pinrang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dari teori kecemasan akademik menurut Holmes yang telah diadaptasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi murottal Al-Qur’an efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan akademik siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa nilai signifikan (0,02) < 0,05. Artinya, Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut juga dibuktikan melalui uji N Gain Score yang menunjukkan tafsiran efektivitas mean cukup efektif dengan nilai sebesar 66%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Akademik, Murottal Al-Qur’an, Terapi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:23 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:23 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7354 |
Actions (login required)
View Item |