Aminah, Sitti (2018) Pengaruh Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Hasil Belajar Bidang Studi Al-Qur’an-Hadis Peserta didik MTs Pondok Pesantren Nurul Haq Benteng Lewo Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1200.016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Dalam Penelitian ini mengungkap tentang masalah tingkat kemampuan bahasa Arab dengan hasil belajar bidang studi al-Qur’an-Hadis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kemampuan bahasa Arab peserta didik serta mendeskripsikan hasil belajar bidang studi al-Qur’an-Hadis peserta didik yang dilihat dari nilai hasil belajar yang terangkum dalam Rapor dan menganalisis pengaruh kemampuan bahasa Arab terhadap hasil belajar bidang studi al-Qur’an-Hadis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, khususnya pada jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan menggunakan teknik dan instrumen penelitian berupa angket, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Nurul Haq Benteng Lewo, dan sampelnya adalah keseluruhan dari jumlah populasi. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, teknik analisis datanya yaitu korelasi dan dilanjutkan dengan Regresi, yaitu mencari hubungan dan pengaruh antara (X) dan (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemampuan bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Nurul Haq Benteng Lewo, jika dianalisis kemampuan bahasa Arabnya, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan bahasa Arabnya berada pada kategori tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang dibagikan kepada 52 Responden,diperoleh persentase nilai 89,1 %. (2) Tingkat hasil belajar bidang studi al-Qur’an-Hadis peserta didik, berada pada kategori sangat tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil belajar peserta didik yang diperoleh dalam bidang studi al-Qur’an-Hadis diperoleh persentase nilai 91,0 %. (3) Kemampuan bahasa Arab memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar bidang studi al-Qur’an-Hadis, hal ini dibuktikan dengan uji korelasi product moment dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,005, dengan nilai pearson correlation 45,2 %. (4) kemampuan bahasa Arab berpengaruh terhadap hasil belajar bidang studi al-Qur’an-Hadis peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa dari hasil uji interprestasi Regresi, diperoleh nilai signifikasi 0.001 < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Pada taraf signifikasi 5% diperoleh nilai koefisien determinasi 20,4 %, jadi, besar pengaruhnya adalah 20,4 %, dalam artian bahwa 79,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan bahasa Arab, Hasil Belajar, Bidang Studi al-Qur’an-Hadis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 18:43 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 18:43 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/735 |
Actions (login required)
View Item |