Abidin, Ilham Mansis (2024) Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap Kinerja Pelaku UMKM di Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203862202065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Digital Payment merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumental pembayaran sebagai alat pembayaran dengan kartu dan/atau uang elektronik, juga dapat memberikan modal untuk melakukan pembayaran yang dirancang untuk memberikan kecepatan, kemudahan penggunaan, kinerja, efisiensi, transparansi dan aksesibilitas pelanggan dan dengan menerapkan pembayaran digital secara bijak, lembaga keuangan syariah dapat meningkatkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah sekaligus meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan digital payment dan kinerja pelaku UMKM dan mengetahui pengaruh digital payment terhadap kinerja pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada pelaku UMKM di Parepare dengan menggunakan metode random acak dengan menggunakan rumus slovin yang dimana terpilih 100 sampel dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana, asumsi klasik, hipotesis. Pengelolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Staticial Package For The Social Sciences (SPSS) versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Digital payment pada UMKM kota parepare berada pada kategori sangat baik dengan melihat tabel skor klasifikasi diperoleh nilai 100%. (2) Kinerja pelaku UMKM di kota parepare berada pada kategori sangat baik dengan melihat tabel skor klasifikasi diperoleh nilai 100%. (3) Digital payment memiliki korelasi dengan hubungan yang sedang dengan kinerja pelaku UMKM sebesar 0,493 bahwa terdapat hubungan yang siginifikan antara variabel Digital Payment terhadap kinerja Pelaku UMKM. (4) Penggunaan digital payment memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (4,235 > 1,984) yang berarti digital Payment berpengaruh terhadap kinerja Pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital Payment, Kinerja Pelaku UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:08
Last Modified: 25 Sep 2024 08:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item