Suaib, Suaib (2018) Problematika Pembelajaran bahasa Arab Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mamuju. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1200.021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Pengetahuan tentangbahasa Arab adalah sarana untuk mendalami ilmu agama Islam.Untuk dapat mengetahui ajaran agama Islam dengan sempurna adalah menguasai bahasa Arab serta ilmu yang berhubungan denganya. Bahasa Arab memiliki fungsi yang istimewa dari bahasa-bahasa lain. Ia bukan saja memiliki nilai-nilai sastra bermutu tinggi bagi mereka yang mengetahui dan mendalaminya, akan tetapi juga sebagai bahasa al-qur’an. Mempelajari bahasa Arab berarti mempelajari bahasa al-qur’an. Oleh karena itu setiap muslim yang akan mengkaji dan mempelajari Islam tentu harus merujuk kepada al-qur’an dan as-Sunnah, dan untuk memahaminya tentu ada unsure penting yang harus diketahui yaitu ilmu bahasa Arab. Salah satu aspek pembelajaran bahasa Arab adalah berbicara, dimana berbicara adalah salah satu disiplin keterampilan ilmu untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik, mendalami tata bahasa Arab,danmengembangkan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai masalah yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mamuju. Masalah-masalah tersebut akan dianalisis dan selanjutnya berupaya mencari solusi untuk mengatasinya dimasa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) pembelajaran bahasa Arab Peserta Didik Madrasah Aliyah Neger (MAN) Mamuju Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh Pendidik adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan games. Diakhir pembelajaran pendidik selalu memberikan motivasi dan mengevaluasi hasil belajar baik harian, tugas, UTS maupun UAS, 2). Problematika pembelajaran bahasa Arab Peseta didik Madrasah Aliyah Negeri MAN terdiri dari beberapa faktor antara lain faktor peserta didik, faktor pendidik, faktor metode, factor media, faktor fasilitas dan faktor sosial (lingkungan).Disamping itu ada faktor psikologi peserta didik. 3).Upaya-upaya untuk mengatasi problem tersebut dilakukan oleh beberapa pihak yaitu Peserta Didik dan Pendidik. Upaya yang diakukan oleh peserta didik yaitu: senantiasa bertanya kepada pendidik apa yang tidak dimengerti, selalu mempraktekkan kosa kata yang telah dihafal, mengikuti kegiatan belajar seperti ekstra kurikuler. Upaya yang dilakukan oleh pendidik yaitu: membuat suasana kelas yang menyenangkan, mewajibkan peserta didik untuk memiliki kamus bahasa Arab, terus memotivasi peserta didik, menumbuhkan perasaan cinta terhadap pembelajaran bahasa Arab, pendidik selalu menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab, pendidik membiasakan menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga peserta didik terbiasa menggunakan bahasa Arab, pendidik mewajibkan peserta didik menghafal kosa kata disetiap pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 00:04 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 00:04 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/731 |
Actions (login required)
View Item |