Sadli, Nurhermifitrah (2024) Pengaruh Pengungkapan Islamic Sosial Reporting (ISR) Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203862202010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Islamic Sosial Reporting (ISR) merupakan salah satu cara untuk menunjukkan pengungkapan penuh dalam konteks Islam. Kualitas laba merujuk pada sejauh mana laporan laba suatu perusahaan mencerminkan kinerja ekonomi yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Islamic Sosial Reporting terhadap Kualitas Laba dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengungkapan Islamic Sosial Reporting terhadap Kualitas Laba pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, pendekatan asosiatif, dengan jenis penelitian field research (Penelitian Lapangan). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan perusahaan di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua cara yaitu countent analysis dan variabel Dummy. Adapun Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor hasil pengungkapan Islamic Sosial Reporting menunjukkan angka lebih dari 59% yang artinya pengungkapan yang dilakukan telah mencapai lebih dari 48 item skor pengungkapan. Sedangkan nilai rata-rata dari Kualitas laba mencapai 2.8388. Hasil uji korelasi rank spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel Islamic Sosial Reporting dengan kualitas laba. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam penelitian ini mempengaruhi variabel dependen hanya sebesar 9.9%. Selanjutnya hasil uji parsial menunjukkan bahwa pengungkapan islamic sosial reporting berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba dengan nilai signifikansi 0,008 < dari 0,05. Dengan menerapkan Islamic Sosial Reporting, perusahaan tidak hanya fokus pada pencapaian laba maksimal, tetapi juga memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan bisnis mereka hal ini dapat menarik minat investor terutama invesor muslim untuk berinvestasi diperusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Islamic Sosial Reporting, Kualitas Laba
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2024 16:04
Last Modified: 23 Sep 2024 16:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7296

Actions (login required)

View Item View Item