Yuliana, Irma (2023) STRATEGI PROMOSI BANK SYARIAH INDONESIA KCP BARRU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2300.027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan promosi itu sendiri yaitu menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan berusaha menarik calon nasabah baru. Selain itu promosi juga berfungsi mengingatkan nasabah akan suatu produk. Adapun rumusan masalah ialah : 1)Bagaimana strategi promosi yang dilakukan Bank Syariah Indonsia KCP Barru dalam meningkatkan jumlah nasabah. 2)Bagaimana peningkatan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Barru. 3)Bagaimana pelaksanaan promosi pada Bank Syariah Indonesia KCP Barru Adapun tujuan penulisan skripsi ini antara lain : 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi Bank Syariah Indonesia KCP Barru dalam meningkatkan jumlah nasabahnya. 2) Untuk mengetahui berapa jumlah peningkatan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Barru. 3)Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan promosi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Barru dalam meningkatkan jumlah nasabahnya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari pimpinan, karyawan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Barru sedangkan sumber data sekunder yang peneliti gunakan berupa dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Stategi Promosi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Barru dalam meningkatkan jumlah nasabahnya yaitu Pemasangan papan nama di tempat yang strategis seperti di pasar, di setiap batas kecamatan, membagikan brosur, pemasangan pamflet, berkunjung ke instansi dan mengadakan pameran. Adapun strategi promosi yang paling berpengaruh dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu Personal Selling. Bank Syariah Indonesia KCP Barru melakukan Personal selling dengan istilah Jemput bola. (2) Bank Syariah Indonesia KCP Barru mengalami peningkatan jumlah nasabah yang sangat signifikan. dari mulai awal beroprasi sampai saat ini, itu juga tidak lain karena adanya strategi promosi yang dilakukan yang memberikan dampak baik bagi peningkatan jumlah nasabahnya, karena pada dasarnya promosi memang sangat berperan penting dalam meningkatkan jumlah nasabah.(3) Pelaksaan promosi yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Barru sudah sesuai dengan apa yang direncanakan dan yang terjadi dilapangan, semuanya sudah sesuai bahkan melebihi dari target awal. Pelaksanaan promosi yang dilakukan dengan baik dapat dilihat dari meningkatnya jumlah nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Promosi.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 23 Sep 2024 15:20
Last Modified: 23 Sep 2024 15:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7281

Actions (login required)

View Item View Item