Nanda, Sri Defi (2018) Penerapan Metode Drill dalam Mengatasi Lemahnya Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX MTs DDI Al-Badar Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1200.030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Memperoleh informasi dari buku-buku atau tulisan-tulisan bahasa Arab membutuhkan kemampuan menerjemahkan. Namun banyak kendala dalam penerjemahan, diantaranya yaitu kurangnya pemahaman atau wawasan dan pembelajaran yang tidak menunjang atau menumbuhkan minat peserta didik bahkan menjadikan peserta didik bosan dalam belajar bahasa Arab sehingga mengakibatkan peserta didik kesulitan untuk menerjemahkan teks bahasa Arab, oleh karena itu peneliti memilih metode drill sebagai alat dalam mengatasi lemahnya kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dari jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Dalam pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis datanya menggunakan tekhnik analisis interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, bebran (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill mampu mengatasi lemahnya kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab peserta didik kelas IX MTs DDI Al-Badar Kota Parepare. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes sebelum penerapan metode drill 53% dan hasil tes setelah penerapan metode drill 87%. Dari hasil tes siklus I 79% sedangkan siklus II 84% yang menunjukkan peningkatan hasil belajar serta aktivitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Lemahnya Kemampuan Menerjemahkan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Sep 2019 23:04
Last Modified: 10 Sep 2019 23:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item