Ismail, Tarisha Rahmadani (2024) Pengaruh Atraksi, Media Sosial dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Desa Wisata Wiring Tasi Kabupaten Pinrang (Tinjauan Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203860202048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pengaruh Atraksi (daya tarik wisata), Media Sosial dan Aksesibilitas merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan ke suatu destinasi tujuan wisata. Atraksi, promosi di media sosial dan aksesibilitas yang ada di Desa Wisata Wiring Tasi belum optimal dan masih perlu ditingkatkan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Atraksi, Media Sosial dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Desa Wisata Wiring Tasi, Kabupaten Pinrang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Atraksi, Media Sosial dan Aksesibilitas sebagai variabel independen, dan Keputusan Berkunjung sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada seluruh pengunjung Desa Wisata Wiring Tasi Kabupaten Pinrang. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 97 responden. Dengan pengolaan data primer menggunakan teknik analisis Statistical Packege For Social Science (SPSS) versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, berdasarkan hasil uji hipotesis untuk uji t (Parsial) menunjukkan nilai signifikasi untuk variabel X1, X2, dan X3 < 0,05 dan diperoleh nilai t hitung > nilai t tabel sehingga dinyatakan terdapat pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y. Kedua, uji hipotesis untuk uji F (Simultan) menunjukkan nilai signifikasi variabel Y 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 67,558 > nilai F tabel sehingga dinyatakan terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara bersama-sama (simultan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni terdapat pengaruh variabel Atraksi, Media Sosial dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Desa Wisata Wiring Tasi, Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Atraksi, Media Sosial, Aksesibilitas, Keputusan Berkunjung
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2024 14:48
Last Modified: 23 Sep 2024 14:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7263

Actions (login required)

View Item View Item