Ufairah, Rafila (2024) Retorika Dakwah Para Da’i Dalam Program Acara Islam Itu Indah di Trans TV. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203870230040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Retorika adalah seni berbicara di depan umum yang merupakan bagian integral dari proses komunikasi. Komunikasi, pada gilirannya, melibatkan upaya untuk mengajak orang lain berpartisipasi atau mengubah sikap agar sesuai dengan tujuan komunikator. Retorika memainkan peran penting dalam kehidupan individu dan masyarakat saat ini, meskipun seringkali diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk retorika dakwah para da’i dalam program acara Islam Itu Indah di Trans TV. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tanggapan para penonton dalam merespon retorika dakwah yang disampaikan oleh para da’i dalam acara tersebut. Dengan memahami kedua aspek ini, diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai efektivitas komunikasi dakwah dalam media televisi dan bagaimana hal tersebut diterima oleh audiens. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan induktif. Pendekatan ini menekankan pada pemahaman mendalam terhadap proses dan makna dari fenomena yang diteliti. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan 10 orang sampel yang merupakan penonton acara Islam Itu Indah. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data serta pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program "Islam Itu Indah" di Trans TV berhasil memanfaatkan retorika secara efektif untuk menyampaikan pesan dakwah. Para da’i mampu menyesuaikan gaya penyampaian dengan latar belakang audiens, menggunakan bahasa sederhana namun mendalam, serta menyisipkan humor dan interaksi. Program ini memanfaatkan media televisi dengan visualisasi menarik dan segmentasi terstruktur, menggabungkan elemen dakwah tradisional dengan pendekatan modern seperti sesi tanya jawab dan media sosial. Pentingnya keterampilan retorika, kefasihan berbicara, penguasaan materi, dan empati dengan audiens terbukti menentukan keberhasilan penyampaian pesan agama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Islam Itu Indah, Retorika
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2024 00:53
Last Modified: 23 Sep 2024 00:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7247

Actions (login required)

View Item View Item