Samrah, Samrah (2024) Implementasi Customer Relation Management (CRM) dalam Memberikan Pelayanan pada PT. Ranum Jaya Abadi Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203870230037 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk Implementasi CRM (Customer Relation Management) dalam memberikan pelayanan serta mengetahui Peluang dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan CRM (Customer Relation Manajemen) untuk menjaga dan meningkatkan customer loyality di PT. Ranum Jaya Abadi Kabupaten Sidrap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap staf dan customer PT. Ranum Jaya Abadi. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode pemeriksaan data (editing), klarifikasi (classifying), verifikasi, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa bentuk Implementasi CRM (Customer Relation Manajemen) dalam memberikan pelayanan di PT. Ranum Jaya Abadi Kabupaten Sidrap dimulai dengan tahapan identifikasi pada kebutuhan customer, kemudian mengupayakan meningkatkan loyalitas customer dengan PT. Ranum Jaya Abadi itu sendiri, lalu bagaimana menguatkan serta menjaga kekuatan atau mempertahankan relasi antara lembaga dengan customer. Hasil penelitian selanjutnya memperlihatkan peluang dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan CRM (Customer Relation Manajemen) untuk menjaga dan meningkatkan customer loyality di PT. Ranum Jaya Abadi Kabupaten Sidrap dimana peluangnnya yakni berpeluang untuk dapat memanfaatkan teknologi untuk memetakan wilayah customer, berpotensi untuk dihubungkan dengan media sosial seperti facebook dan WA Group. Mempermudah memetakan target pasar. Mempermudah memahami latar belakang customer dan produk yang dibutuhkan. Tantangan CRM sendiri yakni perubahan teknologi digital semakin hari semakin cepat, memungkinkan terjadi pemusnahan data manual setelah memprosesnya menjadi E data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Implementasi, Customer Relation Management Pelayanan
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2024 00:48
Last Modified: 23 Sep 2024 00:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7243

Actions (login required)

View Item View Item