Febriana, Febriana (2024) “(Youtube Sebagai Media Dakwah Pada Akun Adi Hidayat Official)”. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.3300.065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang media sosial Youtube dengan berfokus pada salah satu ustadz Adi Hidayat dalam Channel Youtube Adi Hidayat Official. Konten dakwah yang dibagikan oleh akun tersebut sangat menarik dari segi pengemasan, pemilihan tema ceramah hingga penyampaiannya sehingga menuai banyak respon dari folowers. Respon yang diberikan oleh followers sangat beragam sehingga menarik untuk di anlisis lebih lanjut. Penelitian ini memuat dua rumusan masalah, yaitu bagaimana bentuk pemanfaatan media Youtube pada akun Adi Hidayat Official sebagai media untuk berdakwah dan bagaimana respon followers pada konten dakwah dalam akun Youtube Adi Hidayat Official. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan ada dua, yaitu teori media sosial Kaplan dan Haenlein dan teori uses and gratification. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa akun Adi Hidayat Official berhasil memanfaatkan Youtube sebagai media dakwah yang efektif, memadukan kualitas konten yang tinggi, interaksi yang aktif, dan penggunaan teknologi modern untuk mencapai audiens yang lebih luas dan beragam. Adapun respon followers terhadap video dakwah pada akun Adi Hidayat Official sangat positif, menunjukkan bahwa konten yang disajikan tidak hanya informatif tetapi juga relevan dan aplikatif bagi kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adi Hidayat Official, bentuk pemanfaatan dakwah, respon followers
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 23 Sep 2024 00:36
Last Modified: 23 Sep 2024 00:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7238

Actions (login required)

View Item View Item