Hr, Ahmad Rezkiawan (2024) MANAJEMEN OPERASIONAL PADA PROGRAM PELAYANAN SIM KELILING DI POLRES KABUPATEN PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.3300.051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kekurangan ketersediaan layanan SIM Keliling, terutama di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Hal ini menimbulkan kendala bagi individu yang tinggal di wilayah tersebut untuk memperoleh layanan perpanjangan SIM dengan mudah dan cepat. Dalam pengamatan, juga terlihat adanya keluhan terkait waktu tunggu yang panjang dan prosedur yang rumit saat mengurus perpanjangan SIM di Polres Kabupaten Pinrang, mengindikasikan adanya potensi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan SIM di tingkat lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu manajemen operasional pelayanan SIM Keliling di Polres Kabupaten Pinrang bertujuan memberikan akses yang mudah dan efisien, melalui jadwal rutin dan lokasi strategis. Dikelola oleh unit khusus di Polres, dengan koordinator yang bertanggung jawab. Pelayanan oleh petugas Polres Pinrang memuaskan, dengan sikap ramah dan bantuan dalam proses perpanjangan SIM serta kelengkapan dokumen. Pengawasan rutin dan sistematis dilakukan untuk memastikan efisiensi, transparansi, dan kepatuhan terhadap standar, demi kepuasan masyarakat. Pelayanan di Polres Pinrang dinilai baik. Berdasarkan wawancara, beberapa aspek atau indikator pelayanan menunjukkan hasil positif. Pelayanan berbasis nilai sosial telah mencapai kesejahteraan masyarakat, dan pelayanan berbasis epistemik sesuai dengan kemampuan petugas. Pelayanan berbasis Islam juga menunjukkan hasil yang baik dalam indikator kehandalan adalah sistem SIM keliling yang tersedia untuk digunakan oleh pengguna yang terjadwal maupun tidak terjadwal, hampir semua indikator dalam dimensi ini dinilai baik. Sikap responsif petugas selama pelayanan SIM di Polres Pinrang juga baik, terlihat dari komunikasi efektif dengan pemohon. Sikap jaminan terlihat baik melalui pelayanan SIM Keliling yang cepat. Sikap empati pegawai juga baik, ditunjukkan dengan prioritas pelayanan yang sesuai dengan misi Polres Pinrang untuk menyediakan layanan tepat waktu dan bernilai baik bagi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Operasional, Pelayanan, Polres, SIM |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080604 Database Management |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 00:25 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 00:25 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7229 |
Actions (login required)
View Item |