Sari, Fatma (2024) Dampak Kebiasaan Game online Remaja Desa Buttu Sawe Terhadap Aktivitas Ibadah pada Masjid Nurul Jannah Maung Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN.
Text (Full Text)
19.3300.062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus untuk mengkaji tentang bagaimana aktivitas ibadah remaja pada masjid Nurul Jannah Maung. Bagaimana dampak kebiasaan game online remaja Desa Buttu Sawe terhadap aktivitas ibadah di masjid Nurul Jannah Maung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas remaja Desa Buttu Sawe pada masjid Nurul Jannah Maung. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi dampak dari game online terhadap remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif yang bersifat induktif, deduktif, dan komparatif. Dengan menggunakan Teknik keabsahan data trianggulasi. Aktivitas ibadah yang dilakukan remaja di Masjid Nurul Jannah Maung yaitu: sholat lima waktu, yasinan di setiap malam jumat, kegiatan ini rutin dilakukan setiap malam jumat biasanya remaja bergantian membacakan surah yasin di setiap minggunya. Belajar baca Al-Qur’an,yang dilakukan setiap hari di rumah yang dikenal sebagai guru mengaji. Sholat Jum’at berjamaah, maulid Nabi Muhammad, belajar barazanji di setiap selesai sholat magrib, dan kelas tari, yang biasanya dilakukan ketika akan mengikuti lomba. hadirnyagame online sangat berdampak pada aktivitas ibadah remaja di Dusun Passsolengan Desa Buttu sawe, dengan penggunaan game online yang berlebihan membuat remaja sudah jarang melakukan aktivitas ibadah dengan para remaja menghabiskan waktu berjam-jam bermain game bahkan sampai bengadang membuat remaja lupa melakukan aktivitas ibadah, dengan alasan mereka ketiduran atau kesiangan. Dampak negative yang bisa di hasilkan dari game online yaitu melalaikan ibadah, waktu terbuang sia-sia, mengganggu perkembangan otak, mengganggu kesehatan, menimbulkan kemalasan belajar. Strategi manajemen dakwah untuk menarik kembali minat remaja agar kembali malakukan aktivitas ibadah yaitu: 1). Menejemen waktu remaja pada penggunaan game online, 2) Pembinaan remaja, 3). Meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota remaja Masjid. 4.) Mengembangkan jenis-jenis aktivitas ibadah remaja Masjid
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dampak Game online, Aktivitas Ibadah, Remaja. |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 00:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 00:15 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7222 |
Actions (login required)
View Item |