Faisal, Muhammad (2024) STRATEGI DAKWAH PADA ANAK DIFABEL STUDI KASUS SEKOLAH LUAR BIASA KECAMATAN SOREANG KOTA PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.3300.037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Sekolah luar biasa (SLB) Kota Parepare berperan penting dalam mendidik dan mengembangkan anak-anak dengan kebutuhan khusus yang ada di Kota Parepare. Meningkatnya setiap tahun jumlah anak difabel di Kota Parepare disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor genetik, kondisi medis dan faktor sosial dan lingkungan. Dalam lima tahun terakhir, peningkatan jumlah anak berkebutuhan khusus (anak autisme), disebabkan oleh berbagai faktor lingkungan. Kurangnya kesadaran dan pemahaman orang tua serta masyarakat mengenai autisme sering kali memperburuk kondisi ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan ( field research) untuk memecahkan masalah yang diangkat dan dianalisis dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi dari data primer yang diperoleh dari kepala sekolah, guru dan orang tua anak difabel, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, karya tulis, situs internet, skripsi ataupun pedoman penelitian lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan guru SLB Kota Parepare termasuk ke dalam dakwah persuasif, strategi dakwah pada anak difabel dengan menggunakan pendekatan persuasif dapat memberikan perkembangan yang baik sesuai dengan potensi mereka masing-masing. Pendekatan humanistik menekankan pada pemahaman mendalam terhadap keunikan dan kebutuhan masingmasing anak, serta memberikan dukungan yang tepat untuk membantu mereka berkembang secara optimal. Penerapan dakwah pada anak difabel berbentuk pembentukan mental dan pengembangan kemandirian. Pembentukan mental anak difabel memerlukan pendekatan yang khusus dan sesuai dengan kebutuhan unik setiap anak. Keterlibatan orang tua sangat penting dalam proses ini, karena mereka memiliki pemahaman mendalam tentang karakter dan kebutuhan anak mereka. keterlibatan orang tua bukan hanya mendukung perkembangan akademis anak difabel, tetapi juga memperkuat aspek-aspek emosional, sosial, dan kehidupan seharihari mereka. Kolaborasi yang baik antara sekolah, tenaga pendidik, dan orang tua dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung, yang sangat penting bagi perkembangan optimal anak difabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah ,Difabel, Mental, SLB. |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 00:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 00:13 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7219 |
Actions (login required)
View Item |