Tasril, Tasril (2024) Analisis Pengaruh Patriarki dalam Perspektif Islam pada Media Tiktok @grangerzmn. Undergraduate thesis, IAIN.
Text (Full Text)
19.3300.060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang media sosial Tiktok dengan berfokus pada salah satu konten kreator dakwah bernama @grangerzmn. Konten dakwah yang dibagikan oleh akun tersebut sangat menarik dari segi pengemasan, pemilihan tema hingga penyampaiannya sehingga sangat cocok untuk di analisis terkait pesan yang disampaikan. Dalam pesan dakwah yang diberikan terdapat beberapa konten yang mengkaji persoalan patriarki dalam pandangan Islam dan juga tentunya respons yang diberikan oleh pengguna akun sangat beragam sehingga menarik untuk dianalisa lebih lanjut. Penelitian ini memuat tiga rumusan masalah, yaitu bagaimana prespektif Islam terhadap petriarki dalam status kehidupan pada akun tiktok @grangerzmn, bagaimana masyarakat memahami pengaruh patriarki dalam pandangan Islam pada akun tiktok @grangerzmn, bagaimana pesan yang disampaikan dalam pandangan Islam tentang pengaruh patriarki pada akun tiktok @grangerzmn. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yaitu, Analisis Konten (Analisis isi). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk konten dakwah yang terdapat pada konten Tiktok @grangerzmn, konten tersebut terdiri dari 8 video yang membahas persoalan patriarki. Secara pendekatan enomotodologi ada beberapa strategi komunikasi yang dapat kita lihat yakni penetapan tujuan, mengenali audiensi, dan pengembangan pesan. Konten yang telah diuraikan kemudian di analisis dalam tiga bentuk bagian terdiri dari analisis pesan konten untuk mengetahui pesan yang disampaikan pada konten tersebut, analisis pesan dakwah untuk mengetahui pesan dakwah yang disampaikan konten tersebut dan peneliti menemukan ada tiga bentuk pesan dakwah. Pesan tersebut diuraikan berdasarkan apa yang didapatkan peneliti pada saat menyaksikan konten, kemudian yang terakhir analisis respon pengguna dimana peneliti menemukan banyaknya bentuk respon penggunan media yang kemudian peneliti uraikan dalam dua bentuk respon yang terdiri dari respon pro dan respon kontra, respon tersebut diambil berdasarkan penguat dan pendukung data yang lebih relevan dengan pokok pembahasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | @grangerzmn, Pesan dakwah, Respon masyarakat |
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 00:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 00:13 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7218 |
Actions (login required)
View Item |