Asrul, Asrul (2024) “Respons Netizen Terhadap Konten Pesan Dakwah TikTok @Kadamsidik00k. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.3300.058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang media sosial Tiktok dengan berfokus pada salah satu konten kreator dakwah bernama @Kadamsidik00. Konten dakwah yang dibagikan oleh akun tersebut sangat menarik dari segi pengemasan, pemilihan tema hingga penyampaiannya sehingga menuai banyak respons dari netizen. Respons yang diberikan oleh netizen sangat beragam sehingga menarik untuk dianalisa lebih lanjut. Penelitian ini memuat dua rumusan masalah, yaitu bagaimana bentuk konten dan pesan dakwah dalam akun Tiktok @Kadamsidik00 dan bagaimana respons netizen terhadap konten dakwah dalam akun Tiktok @Kadamsidik00. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan ada dua, yaitu teori interaksi simbolik dan teori uses and gratification. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk konten dakwah yang terdapat pada konten Tiktok @Kadamsidik00, konten tersebut terdiri dari 10 video dengan view terbanyak yang dikategorikan ke dalam bentuk konten dakwah lisan dan 10 video dengan view terbanyak yang dikategorikan ke dalam bentuk konten dakwah tulisan. Adapun pesan dakwah yang ditemukan pada konten @Kadamsidik00 terdiri dari pesan dakwah aqidah, ahklak, dan syariat dengan mengambil 10 video yang kemudian dianalisis menggunakan teori interaksi simbolik. Adapun respons netizen yang ditemukan dianalisis berdasarkan teori uses and gratification dengan menguraikan komentar pada 10 konten @Kadamsidik00 yang memiliki view terbanyak sehingga dapat dilakukan pengelompokan ke dalam tiga jenis respons yang terdiri dari respons positif, respons negatif, dan respons jenaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: @Kadamsidik00, Pesan dakwah, Respons netizen
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 23 Sep 2024 00:05
Last Modified: 23 Sep 2024 00:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7207

Actions (login required)

View Item View Item