Suherdi, Suherdi (2024) METODE DAKWAH USTADZ SUDARMAN DA’ULENG DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH DIMEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.3300.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Metode dakwah melibatkan pendekatan holistik untuk menyampaikan ajaran agama Islam. Ini termasuk penguatan komunikasi, pendidikan, dan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk menarik perhatian dan menginspirasi orang. Namun, yang menjadi permasalahan dalam penyampaian dakwah kepada masyarakat khususnya usia remaja yang kebanyakan malas untuk menghadiri kajian atau perkumpulan majelis dalam membicarakan islam. Dengan adanya perubahan sosial dan teknologi menjadi kunci dalam merancang strategi dakwah ustadz Sudarman da'uleng yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk melakukan analisis mendalam terhadap konten dakwah, interaksi pengguna, dan interpretasi makna di balik pesan-pesan dakwah yang di sampaikan. Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini mencakup analisis konten dari platform-platform media sosial seperti YouTube, TikTok, Facebook, serta wawancara dengan praktisi dakwah dan audiens terkait. Adapun fokus penelitian ini memfokuskan pada dampak metode dakwah ustadz Sudarman da'uleng di media sosial secara komprehensif. Hasil penelitian metode dakwah ustadz Sudarman da'uleng di media sosial menunjukkan bahwa dalam penyampaian dakwah ustadz Sudarman da'uleng dengan metode Bi' Al-Hikmah dan Al-Mau'izah Hasanah melalui media sosial sebagaimana perantara memperlihatkan variasi dalam pemilihan kata, gambar, dan format, dengan tanggapan pengguna yang mencakup respon positif dan negatif. pengaruh budaya yang memainkan peran penting dalam penyesuaian pesan dakwah dimana dalam penyampaian dakwah ustadz Sudarman da'uleng pesan mengenai amalan dalam kehidupan sehari-hari dengan pribahasa orang-orang terdahulu yang berlandaskan AlQur'an dan Hadis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah, Media sosial.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 21 Sep 2024 14:30
Last Modified: 21 Sep 2024 14:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7188

Actions (login required)

View Item View Item