N, NASRULLAH (2023) “ Pola Pembentukan Akhlakul Karimah Man 2 Kota Parepare (Studi Komperatif Siswa Dormitory dan Non Dormitory. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3300.017.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pola pembentukan akhlakul karimah MAN 2 Kota Parepare. Tentang pola pembentukan yang digunakan MAN 2 Kota Parepare dalam membinah akhlakul karimah siswa baik yang diasramakan maupun siswa yang tinggal dengan orang tua atau siswa yang tidak asrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu suatu kajian yang menghasilakan data berupa kata-kata dan tindakan baik secara lisan maupun tulisan dan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik pengelolaan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perbandingan pola pembentukan akhlak siswa di MAN 2 Kota Parepare antara siswa yang di asraman dan siswa yang diasramkan dengan menggunakan metode pembentukan akhlak yaitu keteldanan, pembiasaan, nasihat, serta pemberian hukuman dan hadiah lebih efektif digunakan pada siswa yang diasramkan karena pihak pembinah secara penuh mengawasi rutinitas keseharian serta dapat secara penuh membinah akhlakul karimah siswa. Berbeda halnya dengan siswa yang tidak diasramkan dalam pembinaan akhlak karimah, tenaga pendidik hanya dapat membinah pada waktu sekolah, dan setelah waktu sekolah selesai maka siswa tesebut akan pulang akan tetapi pihak pihak sekolah tetap melakukan koordinasi dengan orang tua siswa dalam pembinaan akhlak karimah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembentukan,Akhlakul Karimah, Perbandingan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 21 Sep 2024 13:40
Last Modified: 21 Sep 2024 13:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item