Pamessangi, Apriani (2024) POLA KENDALI KOMUNIKATIF GURU TERHADAP PENGENDALIAN PERILAKU PELANGGARAN SISWA PADA UPT SMP NEGERI 12 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203870233047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Berkomunikasi merupakan aktivitas penting dalam kehidupan manusia sejak lahir, mulai dari tangisan bayi yang menyampaikan pesan yang memenuhi kebutuhan fisik dan psikologisnya hingga pesan yang memenuhi kebutuhan orang dewasa. komunikasi adalah kunci dalam menjalani kehidupan sosial. Salah satu konsep utama dalam komunikasi adalah “komunikatif”. Komunikatif merupakan kata sifat yang berasal dari kata dasar komunikasi. Penelitian ini mengungkapkan permasalahan perilaku pelanggaran siswa di UPT SMP Negeri 12 Parepare, Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pola kendali komunikatif guru dalam mengendalikan perilaku pelanggaran siswa di sekolah. Komunikasi yang efektif antara guru dan siswa dianggap kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa bentuk perilaku pelanggaran siswa, seperti keterlambatan, bolos, perkelahian, merokok di sekolah, dan perundungan. Guru memiliki peran penting dalam mengendalikan perilaku siswa, dan pola komunikatif mereka memengaruhi tingkat kepatuhan siswa terhadap aturan sekolah. Dalam mengelola perilaku siswa, terdapat tiga strategi dominan yang digunakan guru, yaitu strategi wortel teruntai (pujian), strategi pedang tergantung (hukuman) serta trategi katalisator (pengingat). Penggunaan strategi ini dipertimbangkan berdasarkan konteks situasi dan karakteristik siswa. Kesimpulannya, kejelasan instruksi dan pola komunikatif guru berperan penting dalam mengurangi perilaku pelanggaran siswa. Pola kendali komunikatif yang tepat dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan positif siswa. Namun, variasi dalam pendekatan guru terhadap aturan sekolah menunjukkan dua pendekatan yaitu ada guru yang fleksibel ada juga guru yang ketat dalam mengelola perilaku siswa di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pola Kendali Komunikatif, Perilaku Pelanggaran
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2024 15:09
Last Modified: 18 Sep 2024 15:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7141

Actions (login required)

View Item View Item