Hajrah, Hajrah (2018) Efektivitas Pembelajaran Imla’ Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Mubarak DDI Tobarakka Kabupaten Wajo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1200.036.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Menulis merupakan tingkat capaian kompetensi yang paling tinggi diantara empat kompetensi lainnya, oleh sebab itu dibutuhkan teknik pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab. Imla’ merupakan suatu teknik pembelajaran untuk membenarkan tulisan sekaligus memperbaiki tulisan yang masih membutuhkan perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menulis kalimat dalam bahasa Arab dengan menggunakan teknik pembelajaran Imla’ dan mengetahui adanya peningkatan kemampuan menulis kalimat bahasa Arab peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesntren Al-Mubarak DDI Tobarakka kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design jenis One-Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel penelitian sebanyak 25 peserta didik dari 94 populasi. Adapun teknik pengambilan sampel adalah purposiv sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran imla’ dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menulis kalimat dalam bahasa Arab. (2) Dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung maka diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel dimana t hitung=2,93,sedangkan t tabel=1,708 (3) Dengan nilai t hitung ≥ t tabel, maka hipotesis dapat diterima dan ini berarti pembelajaran imla’ efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis kalimat dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas XI MA Pondok Pesantren Al-Mubarak DDI Tobarakka Kab. Wajo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Imla’;Kemampuan Menulis Kalimat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 16:12 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 16:12 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/712 |
Actions (login required)
View Item |