Syamsuddin, Jusmiyati (2024) , Fenomenologi Wanita Karir Dalam Memaknai Komunikasi Keluarga (Studi Dosen Perempuan IAIN Parepare). Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203870233008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Seorang wanita yang memiliki karir sebagai dosen yang juga merupakan seorang ibu rumah tangga memiliki kesulitan dalam menyeimbangkan kedua perannya. yaitu sebagai dosen dan sebagai ibu rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola komunikasi dan bentuk pemaknaan kebutuhan akan keberadaan keluarga bagi wanita karir dengan menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Terdapat 6 dosen perempuan yang menjadi informan sesuai dengan kriteria dalam penelitian ini. Data di analisis dengan mengaitkan teori yang digunakan yaitu Skema Hubungan Keluarga dan Teori Hierarki Kebutuhan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dosen Perempuan di IAIN Parepare termasuk kedalam tipe konsensual, hal ini ditinjau dari tingkat percakapan yang tinggi dengan adanya komunikasi secara terbuka dan berbagai bentuk dukungan yang di dapatkan dalam menyeimbangkan peran ganda, serta memiliki tingkat orientasi kepatuhan yang tinggi. Kemudian bentuk pemaknaan kebutuhan keluarga bagi dosen Perempuan di IAIN Parepare ialah bukan hanya sebagai ikatan keluarga saja, melainkan terpenuhinya kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, serta kebutuhan pengakuan dan rasa kasih sayang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Dukungan Keluarga, Peran ganda, Pola komunikasi keluarga.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:55
Last Modified: 11 Sep 2024 01:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7111

Actions (login required)

View Item View Item