Septyaningsi, Haerani (2023) . Analisis Faktor-Faktor Kesenjangan Digital Era New Media Di Pesantren Kabupaten Tana Toraja. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3100.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kesenjangan digital merupakan kesenjangan dalam bentuk infrastruktur, motivasi,skill access, dan pemanfaatan diruang lingkup tenaga pendidik di Alhidayah Kaduaja Kabupaten Tana Toraja. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar faktor kesenjangan digital dalam motivasi, material akses, skill access, dan pemanfaatan media digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) faktor motivasi dalam kesenjangan digital memiliki pengaruh besar. Dibuktikan dengan perhitungan nilai akumulatif yang masuk kategori tinggi pada faktor motivasi skor 0.506 – 0.655. (ii) faktor material akses dalam kesenjangan digital memiliki pengaruh besar. Dibuktikan dengan perhitungan nilai akumulatif yang masuk kategori tinggi pada faktor material akses skor 0.576 – 713. (iii) faktor skill access dalam kesenjangan digital memiliki pegaruh besar. Dibuktikan dengan perhitungan nilai akumulatif yang masuk kategori tinggi pada faktor skill access skor 0.506 – 0.653. (vi) faktor pemanfaatan media digital dalam kesenjangan digital memiliki pengaruh besar. Dibuktikan dengan perhitunagn nilai akumulatif yang masuk kategori tinggi pada faktor pemanfaatan skor 0.523 – 0.671.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Kesenjangan digital; New media; Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:51
Last Modified: 11 Sep 2024 01:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7107

Actions (login required)

View Item View Item