Bahtiar, Ramli (2024) Penanaman Nilai Moderasi Beragama Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Di Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga. Undergraduate thesis, IAIN.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.3500.030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Observasi awal pada tulisan ini pada pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga ditemukan terdapat ada beberapa masalah yang terjadi yakni salah satu diantaranya ialah bagaimana upaya peningkatan para pembina atau guru-guru dalam meningkatkan jiwa moderasi pada santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi penanaman nilai moderasi beragama di pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga dan untuk mengetahui bentuk nilai moderasi beragama di pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga. Kemudian, Penulis berharap adanya upaya yang lebih untuk melakukan peningkatan jiwa moderasi para santri. Banyak masyarakat dari luar seperti Sali-Sali dan Mamasa yang sekiranya mayoritas non Islam menjadi santri di pesantren sehingga peningkatan penanaman nilai moderasi pada siswa tersebut perlu ditingkatkan. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitan yang mendeskrisikan hasil wawancara dilapangan. Peneliti mengambil data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan yaitu teori interaksi simbolik digunakan untuk menganalisis berdasarkan simbol-simbol. Sedangkan teori kontrol sosial digunakan untuk pengendalian sosial sehingga dapat mengikat nilai-nilai dan norma yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga menerapkan berbagai strategi untuk menanamkan nilai moderasi beragama kepada santri. Salah satu strategi utamanya adalah menyediakan ruang diskusi terbuka mengenai topik keagamaan dan sosial. Pesantren ini juga rutin mengadakan seminar khusus dengan tokoh agama dan akademisi untuk memberikan wawasan tentang pentingnya moderasi beragama. Pembelajaran di kelas, kurikulum dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai moderasi dalam setiap mata pelajaran, mengajarkan toleransi dan perdamaian. Bentuk nilai moderasi beragama di pondok ini mencakup komitmen kebangsaan, menanamkan rasa cinta tanah air dan persatuan bangsa; anti kekerasan, mengajarkan santri menyelesaikan konflik secara damai; serta toleransi, mendorong penghormatan terhadap perbedaan agama, suku, dan budaya. Pesantren juga mengakomodatif budaya lokal, mengintegrasikan adat istiadat dalam kegiatan sehari-hari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Moderasi Beragama, Radikalisme, Pondok Pesantren Ar Risalah Batetangnga
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:49
Last Modified: 11 Sep 2024 01:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item