Ramadhani, Ramadhani (2023) Persepsi mahasiswa KPI IAIN Parepare Terhadap Berita Hoaks yang ada di Media Digital. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.3100.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa KPI IAIN Parepare terhadap berita hoaks yang ada di media digital dan cara mahasiswa KPI menyikapi berita hoaks yang ada di media digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan turun langsung ke lapangan (Field research) dengan mewawancarai mahasiswa KPI IAIN Parepare aktif. Jenis data yang digunakan hasil wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan kecukupan referensi sebagai pendukung data. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yang dilakukan menggunakan teori persepsi dapat dikemukakan bahwa persepsi mahasiswa KPI IAIN Parepare terhadap berita hoaks di media digital yaitu mahasiswa memiliki persepsi positif dan negatif dari berita hoaks yaitu persepsi positif masing-masing informan terhadap berita hoaks berbeda-beda. mulai dari persepsi positif, mahasiswa yaitu yang meng-upload berita hoaks akan mendapatkan keuntungan besar, mendapatkan simpati masyarakat atau pejabat pemerintah, serta mengontrol emosi pembaca dengan tujuan-tujuan tertentu. Sedangkan, dampak negatifnya yaitu mencederai nama lembaga, menggiring opini masyarakat, menimbulkan pertengkaran, pertikaian, kekacaaun hingga pembunuhan antar kelompok, percaya tanpa melihat fakta di lapangan serta kesalahan dalam mendapatkan infomasi yang didapat. Teori kedua digunakan peneliti untuk memperkuat argument hasilnya adalah teori uses and gratification dalam menyikapi berita hoaks yaitu khalayak harus aktif dalam pengguna media dengan mencari tahu dan memilih berita sesuai dengan kebutuhan, memiliki inisiatif, motivasi tinggi dengan mulai dari diri sendiri sebelum men-share berita ke khalayak, memiliki kesadaran diri untuk berkomentar dan share di media, melaporkan berita, perbanyak membaca agar berita yang didapat dari media sudah benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi mahasiswa, berita hoaks, media digital
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080612 Interorganisational Information Systems and Web Services
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2024 00:08
Last Modified: 11 Sep 2024 00:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7096

Actions (login required)

View Item View Item