Rusmina, Rusmina (2018) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakater Kelas VII Pada SMP Negeri 3 Tapalang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Karakter merupakan sifat dasar yang ada pada setiap individu. Setiap manusia diberi kelebihan dan kekurangan oleh Allah SWT. berupa akal dan bimbingan agama agar menjadikan manusia sebagai makhluk Allah yang paling sempurna. Akan tetapi di era globalisasi seperti saat ini, nilai-nilai karakter semakin hilang, seperti kejujuran, kesantunan dalam berbahasa, dan kedisiplinan. Oleh karena itu, harus ada usaha untuk mengembalikan nilai-nilai karakter tersebut. Dalam dunia pendidikan. guru, khususnya guru mata pelajaran agama memiliki tanggung jawab yang besar untuk menghasilkan generasi yang berkarakter baik.Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah pengaruh pembelajaran praktek terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII pada SMP Negeri 3 Tapalang Barat. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik pada SMP Negeri 3 Tapalang Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan desain survey research. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (pembelajaran Pendidikan Agama dalam hal ini matapelajaran akidah akhlah Islam di SMP Negeri 3 Tapalang Barat berada pada kategori sedang yaitu 72% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 30 responden (2) karakter peserta didik SMP Negeri 3 Tapalang Barat berada pada kategori yaitu 70% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 30 responden (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik SMP Negeri 3 Tapalang Barat yang dibuktikan melalui hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 di tolak, serta berdasarkan uji pengaruh yang telah dilakukan bahwa besarnya pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik sebesar 43,1% dalam artian bahwa 57,1% lainnya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikian Agama Islam, karakter peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Sep 2019 22:35
Last Modified: 08 Sep 2019 22:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item