Nursyamsi, Nursyamsi (2024) Facebook Sebagai Media Branding Wasila Cosmetic di Kabupaten Majene. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.3100.084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Facebook salah satu media sosial yang sudah cukup lama namun masih populer digunakan sampai saat ini. Facebook mampu mengikuti perkembangan dengan menghadirkan fitur-fitur baru yang tidak kalah canggih dengan media sosial lain yang baru bermunculan. Selain itu, Facebook mudah dan murah untuk diakses hal ini yang membuat Wasila Cosmetic tertarik memanfaatkan Facebook sebagai media branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi branding Wasila Cosmetic dan bagaimana proses promosi Wasila Cosmetic dalam menggunakan media Facebook. Penelitian ini menggunakan metode deskriptip kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara mendalam dengan beberapa informan. Teori dalam penelitian ini yakni teori new media yang dicetuskan oleh Pierre Levy dan strategi branding oleh Schultz dan Barners. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagaimana strategi branding Wasila Cosmetic dan promosi Wasila Cosmetic di Facebook sebagai media branding. Branding Wasila Cosmetic dilihat dari akun Arsila Jailan pada bulan Desember 2023 dengan data, konten sebanyak 500 yang dijangkau 267,4ribu dengan jumlah pengikut 90,981. Adapun strategi branding Wasila Cosmetic dalam memanfaatkan Facebook yakni memperkenalkan nama, logo,warna dan karakteristik. Dari hasil penelitian ini peneliti mampu menganalisis makna dari nama logo warna dan kemasan Wasila Cosmetic. Adapun proses promosi yang digunakan Wasila Cosmetic yakni advertising (periklanan) dan sales promotion (promosi penjualan). Dalam menggunakan media Facebook Wasila Cosmetic memanfaatkan Facebook sebagai media promosi dengan cara memperbanyak konten iklan minimal lima kali upload dalam sehari dan membagikan testimoni pengguna. Terlibat aktif dengan costumer melakukan siaran langsung di Facebook memberikan gift away dan reward ke agen yang mengorder produk 50 pcs ke atas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Branding, Facebook, media promosi Wasila Cosmetic |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:43 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:43 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7088 |
Actions (login required)
View Item |