Risma, Risma (2024) Efektivitas Penggunaan Edlink sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Mahasiswa FUAD IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
17.3100.025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Edlink adalah platform yang memungkinkan pembelajaran jarak jauh melalui berbagai fitur seperti pengajaran online, penilaian, kolaborasi antara guru dan siswa, serta pengelolaan materi pembelajaran. Efektivitas penggunaan edlink sebagai media pembelajaran jarak jauh akan sangat bergantung pada bagaimana platform tersebut memenuhi kebutuhan tersebut dan bagaimana guru dan siswa memanfaatkannya secara optimal. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui sejauh mana penggunan Edlink terhadap pembelajaran jara jauh di IAIN Parepare. 2) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran mahasiswa terhadap penggunaan Edlink di IAIN Parepare Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap mahasiswa FUAD IAIN Parepare tentang pengalamannya menggunakan edlink. Data yang terkumpul dianalisis secara sistematis melalui pendekatan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan Edlink sebagai platform pembelajaran jarak jauh di IAIN Parepare menyediakan platform komunikasi yang fleksibel untuk pembelajaran jarak jauh, memungkinkan interaksi dan kolaborasi melalui fitur seperti video conference, chat, forum diskusi, dan absen digital. Platform ini memfasilitasi komunikasi efektif antara mahasiswa dan dosen tanpa batasan ruang dan waktu, serta mendukung pengelolaan tugas dan notifikasi. Fitur-fitur EdLink yang mudah diakses membantu memenuhi kebutuhan komunikasi akademik dan mempermudah pertukaran informasi. (2) Edlink sebagai media pembelajaran jarak jauh mempengaruhi efektivitas pembelajaran mahasiswa FUAD di IAIN Parepare dengan meningkatkan akses terhadap sumber daya pembelajaran dan memungkinkan partisipasi tetap berlangsung dalam interaksi pembelajaran sesuai jadwal yang telah ditetapkan tanpa terhalang ruang dan waktu. Namun, efektivitas edlink dapat terhambat karena masalah koneksi jaringan, server yang terbatas, pengguna yang kesulitan fokus belajar online serta interaksi pembelajaran secara online yang terkadang dinilai kurang efektif daripada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Edlink, Pembelajaran Jarak Jauh. |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:08 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:08 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7077 |
Actions (login required)
View Item |