Natsir, Nurul Muhafida (2022) Persepsi Followers Terhadap Citra Diri Perempuan Muslimah Dalam Vlog Ria Ricis. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.3100.025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Citra Diri adalah gambaran umum tentang tubuh sendiri yang membentuk pandangan untuk menyatakan suatu cara dengan menampilkan dirinya melalui penilian. Persepsi mengenai sesuatu yang ada di dalam pikiran orang lain untuk menetukan sikap dirinya terhadap diri sendiri maupun orang lain. Citra diri sangat penting dalam proses evaluasi diri serta penting dalam pengembangan konsep diri. Followers atau pengikut adalah seseorang yang bebas untuk memberikan penilaian, mendukung serta menyukai segala kegiatan, postingan atau update sosial media milik anda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian penelitian ini meliputi seleksi, interpretasi dan reaksi yang bertujuan untuk mengetahui persepsi followers tentang citra diri dalam vlog Ria Ricis. Objek penelitian ini adalah komentar followers yang berupa potongan-potongan gambar dan teks dalam vlog “Ricis Official”. Adapun metode yang digunakan yaitu analisis isi (Content Analysis), jenis data penelitian ialah data primer yang diperoleh langsung dari followers melalui kolom komentar serta data sekunder berupa referensi dari buku dan tulisan lain termasuk diinternet yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini adalah: 1. Persepsi positif berupa motivasi, rasa bangga dan semangat yang diberikan untuk sang idola agar tetap kuat dalam menghadapi cobaan yang tengah dialami, 2. Persepsi negatif itu berupa keritikan pedas dan hujatan yang kesannya lebih ke mencari pundi-pundi rupiah dengan mengunggah vlog kematian Ayahnya, 3. Citra diri yang ditampilkan sebagai seorang Muslimah Ricis sudah memenuhi karakteristik Muslimah yang menutup auratnya, serta menjaga dirinya dari segala fitnah namun tetap eksis mengunggah video berjoget-joget di Akun Tiktok miliknya. Kebutuhan akan informasi melalui media sosial, dan mengetahui trend yang sedang berkembang saat ini sehingga mempunyai hubungan dalam pembentukan citra diri khusunya perempuan-perempuan Muslimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:40
Last Modified: 10 Sep 2024 06:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7068

Actions (login required)

View Item View Item