Suryaningsih, Ade (2024) Representasi Identitas Kulit Perempuan Ideal dalam Iklan Skincare. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
17.3100.005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Dewasa ini, iklan dapat ditemukan dimanapun. Iklan tidak hanya muncul ditelevisi atau Koran tetapi juga muncul dalam media sosial yang berbasis internet. Iklan merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyebarkan informasi. Pada era modern saat ini, iklan hadir dengan lebih beragam dan tersebar dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan representasi kulit perempuan ideal dalam iklan skincare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam iklan ini berasal dua sumber, yaitu data primer didapat dari iklan di Youtube yaitu video iklan Wardah Perfect Bright Moisturizer #BeBrightEasy dan data sekunder didapatkan dari berbagai buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian pada iklan skincare Wardah Perfect Bright Moisturizer dapat ditinjau melalui: 1) Denotasi dan konotasi kulit perempuan ideal dalam iklan skincare Wardah Perfect Bright Moisturizer memberikan makna kulit perempuan ideal yang ditegaskan dengan kulit cerah dan tidak berminyak. Pada iklan tersebut, kulit perempuan ideal tidak hanya sebatas kulit yang cerah dan tidak berminyak, tetapi juga kulit yang lebih putih setelah menggunakan produk. Pada iklan juga ditampilkan Ayana Moon yang merupakan perempuan korea berkulit putih. Iklan ini juga memberikan gambaran kulit perempuan yang halus tanpa luka maupun jerawat dan warna kulit yang merata yang dapat dilihat dengan langsung tidak ada kemerahan maupun flek hitam pada wajah model utama. 2) Peneliti mendapati bahwa kulit ideal perempuan yang direpresentasikan dalam iklan Wardah Perfect Bright Moisturizer merupakan kulit yang tampak cerah dan tidak berminyak seperti yang ditekankan pada adegan 00.05-00.08 dan 00.24. Selain itu, pada tiap adegan model ditampilkan dengan kulit yang mulus, tidak bertekstur maupun berjerawat. Secara keseluruhan representasi kulit perempuan ideal dalam iklan tersebut menggambarkan kulit yang cerah dan tidak berminyak, halus dan lembut, kencang, tidak memiliki luka maupun jerawat serta warna kulit yang merata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Identitas, Kulit Perempuan Ideal, Iklan Skincare |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:38 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:38 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7067 |
Actions (login required)
View Item |