Aminah, Sitti (2023) Penerapan Model Literasi Al-Qur’an Berbasis Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Peserta Didik di UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2120203886108029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
Tesis ini mengkaji penggunaan model pendidikan Al-Qur’an berbasis komputerisasi dalam memperluas inspirasi pembelajaran PAI siswa di UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Ujian ini bertujuan untuk menggambarkan kemajuan penerapan model kemahiran Al-Qur'an berbasis komputerisasi dalam memperluas inspirasi pembelajaran PAI bagi siswa kelas VIII.1 di UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Teknik yang digunakan adalah Kegiatan Ruang Belajar Eksplorasi (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan yaitu tahap penyusunan, pelaksanaan kegiatan, persepsi dan refleksi. Metode pengumpulan informasi yang digunakan meliputi pertemuan, persepsi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dapat digambarkan keadaan dasar inspirasi belajar siswa sebelum melakukan suatu tindakan. Dari 20 orang mahasiswa, hanya 2 orang (10%) yang mempunyai inspirasi sangat baik, 3 orang (15%) masuk dalam klasifikasi inspirasi baik dan cukup inspirasi, dan 12 orang (60%) berada pada kelas inspirasi kurang. (2) Setelah melakukan gerakan pada pola utama sebanyak 20 orang siswa, 2 orang (10%) berada pada kelas inspirasi yang umumnya sangat baik, 6 (30%) berada pada klasifikasi inspirasi yang baik, dan 12 orang (60%) berada pada kelas inspirasi yang baik. berada pada klasifikasi memadai, walaupun sudah terjadi peningkatan namun belum ideal, sehingga eksplorasi sebenarnya harus dilanjutkan pada siklus II. (3) Dari 20 siswa yang melakukan tindakan pada siklus II, 7 orang (35 persen) mempunyai motivasi sangat baik, 11 orang (55 persen) mempunyai motivasi baik, dan 2 orang (10 persen) mempunyai motivasi belajar cukup. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan inspirasi belajar sangat besar, yaitu sebesar 90%, sehingga ujian dihentikan pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Al-Qur’an, Berbasis Digital, Motivasi belajar PAI. |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:44 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:44 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7037 |
Actions (login required)
View Item |