KHATIMAH, HUSNUL (2024) Desain Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal Mandar dalam Menumbuhkan Karakter Religius pada Peserta Didik di MA BPII Pamboang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108027 HUSNUL KHATIMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan, strategi, metode pembelajaran, teknik dan taktik pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kearifan lokal Mandar dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MA BPII Pamboang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan instrumen penelitian yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pendekatan pembelajaran PAI berbasis kearifan lokal mandar dalam menumbuhkan karakter religius di MA BPII Pamboang dapat dilakukan dengan menerapkan pendekatan model pembelajaran berbasis masalah sehingga peserta didik dapat memiliki sikap; (1)Shiddiq. (2)Tabliq, (3)Amanah, (4)Fathanah. Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal Mandar Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di MA BPII Pamboang diantaranya integrasi nilai-nilai kearifan lokal, pengenalan sejarah dan tradisi keagamaan Mandar, Pembelajaran Berbasis Pengalaman, cerita dan dongeng Agama lokal, dan model perilaku. Metode pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kearifan lokal Mandar dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MA BPII Pamboang. Dalam metode pembelajaran ini, guru PAI (akidah akhlak) kelas XI menerapkan model pembelajaran ceramah dan diskusi untuk mencapai tujuan. Metode pembelajaran ceramah merupakan pendekatan dimana seorang guru secara aktif menyampaikan informasi dan materi kepada siswa dalam bentuk persentasi lisan. Teknik pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kearifan lokal Mandar dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MA BPII Pamboang; (1)Eksplorasi nilai-nilai kearifan lokal. (2)Toleransi dan keterbukaan, dimana kearifan lokal mandar mengajarkan nilai-nilai toleransi dan keterbukaan terhadap perbedaan agama, budaya, dan pandangan hidup, (3)Kebersamaan dan solidaritas, (4)Studi kasus dari kearifan lokal, (5)Penerapan nilai-nilai agama dan evaluasi diri. Taktik pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kearifan lokal Mandar dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MA BPII Pamboang; (1)Simulasi dan permainan peran, (2)Diskusi kelompok, (3)Presentasi dan pembelajran, (4)Penggunaan Bahasa Lokal dalam Pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran,Kearifan Lokal, Karakter Religius.
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:43
Last Modified: 06 Sep 2024 08:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7036

Actions (login required)

View Item View Item