Maryam, Maryam (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII pada MTS Marhalim Kabupaten Polewali Mandar. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII pada MTS Marhalim Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Desain Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII pada MTS Marhalim Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode ini juga digunakan untuk penelitian pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data, bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini nantinya akan dipaparkan dengan mendeskripsikan hasil dari yang telah didapat melalui penelitian di lapangan. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah MTs Marhalim Kabupaten Polewali Mandar. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Canva adalah sebuah platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang lebih mudah dan cepat daripada software grafis lainnya. Platform ini bagaikan “angin segar” bagi orang-orang yang ingin mendesain tanpa harus menggunakan software yang susah dipahami. Terlebih sekarang konten digital menjadi bagian penting dalam upaya mempresentasikan diri ataupun bisnis ke dunia maya seperti website dan media sosial. Maka tak heran jika Canva adalah pilihan alternatif terbaik untuk menghasilkan desain grafis berkualitas tapi minim effort. (2) Berdasarkan data statistik hasil belajar adab bersosial media pada pandangan Islam peserta didik sebelum perlakuan (pretest) kelas VIII pada Mts Marhalim Kabupaten Polewali Mandar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pre test berada antara 40 sampai dengan 75, harga rata- rata (mean) sebesar 55,71, median 55,00, modus 55, dan standar deviasi 12,277. (3) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi adab bersosial media pada pandangan Islam dengan menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi canva pada materi adab bersosial media pada pandangan Islam di MTs Marhalim Kabupaten Polewali Mandar pada kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Aplikasi Canva, Hasil Belajar.
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:42
Last Modified: 06 Sep 2024 08:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item