Nurhidayat, Andi Fitri (2024) Efektivitas Strategi TGT (Team Games Tournament) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP IT Wildan Mamuju. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Efektivitas Strategi TGT (Team Games Tournament) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP IT Wildan Mamuju. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan strategi TGT pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP IT Wildan Mamuju. (3) untuk mengetahui efektivitas strategi TGT dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP IT Wildan Mamuju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 16 orang dan kelompok kontrol berjumlah 13 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes (pre test dan post test) dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan strategi TGT dalam pembelajaran PAI terdiri dari 5 tahap yaitu penyajian kelas, belajar dalam kelompok, permainan, pertandingan, dan penghargaan kelompok. (2) Terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada data post test. Dilihat dari hasil statistik deskriptif dalam uji Paired Sample T Test diperoleh nilai rata-rata (mean) hasil belajar pre test adalah 52.5000 sedangkan nilai rata-rata (mean) hasil belajar post test adalah 78.1875. Ini menunjukkan hasil belajar post test lebih besar dari hasil belajar pre test pada kelompok eksperimen, maka Ho ditolak dan H1 diterima. (3) Berdasarkan hasil perhitungan Uji N-Gain Score diketahui nilai rata-rata N-Gain Score dalam bentuk persen sebesar 57 % termasuk kategori cukup efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi TGT (Team Games Tournament) cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI kelas VIII SMP IT Wildan Mamuju.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Team Games Tournament, Hasil Belajar
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:41
Last Modified: 06 Sep 2024 08:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7032

Actions (login required)

View Item View Item