Ratnasari, Dwi (2023) Peran Kompetensi Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDIT Al-Kautsar Sidenreng Rappang. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2120203886108020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SDIT Al-Kautsar sidrap yaitu dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanan peran kompetensi peserta didik pada pembelajaran agama Islam di SDIT Al-Kautsar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan instrumen penelitian yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Peranan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam mulai dari kemampuan kognitif peserta didik dilihar dari nilai yang diberikan oleh gurunya dan rata-rata peserta didik mampu menghapal al-qur’an juz 28, 29 dan 30 dan beberapa peserta didik menghapal sampai 5 juzz, kemudian dari segi kemampuan afektif peserta didik baik karena peserta didik rajin mengikuti shalat dhuha sebelum memulai pelajaran kemudian dari segi kemampuan psikomotorik peserta didik baik dikarenakan peserta didik sudah bisa membaca al-qur’an dengan nada khusus dan cara berwudhu, kemudian Indikator kompetensi peserta didik dalam pembelajaran agama Islam sangatlah penting melihat ketercapaian dari kompetensi dasar peserta didik dan digunakan untuk acuan penilaian suatu mata pelajaran PAI, peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar mata pelajaran PAI kelas lima dan enam, maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya para peserta didik memahami dengan materi yang disampaikan oleh gurunya sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki peserta didik dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Keunikan atau kebaruan dari penelitian ini adalah peneliti lebih memilih meneliti peran kompetensi peserta didik, melihat bahwasanya peran kompetensi didik itu sangat penting dalam menunjang ahlak peserta didik. Thesis ditunjukan kepada peserta didik dan semua elemen masyarakat dimana bahwasanya peran kompetensi peserta didik itu penting untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran dan dapat dirasakan manfaatnya bagi para peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Kompetensi, Pembelajaran PAI |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:40 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:40 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7030 |
Actions (login required)
View Item |