Ulfa, Ulfa (2024) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Berbasis Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri2 Tinambung Kab. Polman. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2120203886108046.docx - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan impleentasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Tinambung, dengan sub fokus mencakup, 1) implementasi nilai-nilai pendidikan islam berbasis pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Tinambung, 2) hasil implementasi nilai-nilai pendidikan islam berbasis pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Tinambung, 3) kendala dan solusi dalam implementasi nilai-nilai pendidikan islam berbasis pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Tinambung, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan sebuah deskripsi, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara Triangulasi dan bahan referensi. Sedangkan Informan penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) implementasi nila-nilai pendidikan Islam berbasis pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Tinambung Kab. Polman yaitu pembiasaan dalam akhlaq, dan pembiasaan dalam beribadah, dan pembiasaan dalam akidah 2) hasil implementasi nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Tinambung Kab. Polman yaitu pencapaian hasil kedisiplinan tata tertib peserta didik dalam penerapan pembiasaan di SMP Negeri 2 Tinambung ini telah berhasil membuat peserta didik dengan sendirirnya membiasakan diri untuk selalu menjalankan apa yang telah menjadi peraturan di sekolah terutama datang ke sekolah dengan tepat waktu, berdoa sebelum memulai belajar dan pulang sesuai jam yang telah ditetapkan. 3) kendala dan solusi dalam penerapan nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Tinambung yaitu kendala dalam faktor eksternal, faktor internal dan faktor pergaulan. Solusinya guru selalu menjadi contoh untuk peserta didik dan orang tua tetap menasehati dan mengingatkan dalam pembiasaan agara kedisiplinan anak tetap dijaga dimanapun berada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, nilai-nilaipendidikan Islam, metodepembiasaan, kedisiplinan |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:39 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:39 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7029 |
Actions (login required)
View Item |