Musmuliana, Musmuliana (2024) Perilaku Guru Dalam Menangkal Faham Radikalisme Di Madrasah Aliyah DDI Lil Banat Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.3500.006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Perilaku Guru Dalam Menangkal Faham Radikalisme Di Madrasah Aliyah DDI Lil Banat Kota Parepare dengan mengkaji 2 permasalahan yakni 1). Bagaimana perilaku guru kepada siswa dan lingkungan sekitarnya sebagai mahluk social, 2). Apa strategi yang digunakan untuk menangkal faham radikalisme. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi perilaku guru baik itu terhadap siswa ataupun lingkungan sekitarnya dalam mendeteksi faham radikalisme serta Menganalisis strategi apa yang digunakan guru untuk menangkal faham Radikalisme. Penelitian ini menggunakann penelitian kualitatif (Field Research) yaitu penelitian lapangan dimana peneliti turun langsung dalam mengamati dan ikut berpartisipasi dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi dan menggunkan metode observasi, wawancara, dukumentasi dan trigulasi dengan menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku yang dimiliki oleh guru di Madrasah Aliyah baik terhadap siswanya ataupun terhadap lingkungannya sebagai mahluk social yaitu memiliki perilaku yang baik dan tidak terdeteksi faham faham ataupun ciri ciri orang yang terpapar faham radikalisme. Selain itu ada beberapa strategi yang dilakukan guru dalam menangkal radikalisme yaitu: 1. Mengajarkan kepada anak anak segala bentuk tindakan yang menghindarkan dari aksi kekerasan, serta mengajarkan dan menanamkan sikap wasatiyah (moderat), sikap toleransi dan moderasi beragama kepada peserta didik. 2. Memberikan edukasi dan gambaran kepada anak anak bahwa dalam islam tidak ada tindakan kekerasan serta memberikan pemahaman tentang tidak baiknya faham radikalisme. 3. Membatasi peyebaran informasi kepada anak anak melalui media komunikasi seperti handphone dan laptop. 4. Mengajarkan dan menanamkan kepada anak anak tentang sikap cinta tanah air. 5. Mengajarkan kepada anak-anak tentang sikap moderat melalui pengajian kitab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku guru, Strategi, Radikalisme |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Sosiologi Agama |
Depositing User: | Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:39 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:39 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7028 |
Actions (login required)
View Item |