Rizqi, Fatimalasari (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Marbel Wudu dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada SDIT Al-Insan Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV SDIT Al-Insan Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran aplikasi marbel wudu dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV SDIT Al-Insan Pinrang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan pada setiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Data aktivitas guru diperoleh melalui observasi dan dianalisis untuk membandingkan tingkat aktivitas tersebut pada setiap siklus. Data tentang minat belajar peserta didik diperoleh melalui penyebaran angket yang kemudian dianalisis untuk melihat peningkatan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi marbel wudu. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas cara mengajar guru yang sudah terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I penggunaan media pembelajaran aplikasi marbel wudu dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh persentase 61,15% (cukup) dan pada siklus II diperoleh persentase 81,92% (sangat baik). Selanjutnya, adanya peningkatan minat peserta didik terlihat dari peningkatan rata-rata setiap siklus I dan siklus II. Untuk minat belajar peserta didik siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 72,03% (baik) dan siklus II sebesar 81,14% (sangat baik) sehingga peningkatannya adalah 9,11%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi marbel wudu dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marbel Wudu, Minat Belajar
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:38
Last Modified: 06 Sep 2024 08:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7027

Actions (login required)

View Item View Item