Fitri, Arini (2024) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tahsin Berbasis Aplikasi Learn Quran Tajwid Pada Peserta Didik di MTs Putra DDI Mangkoso. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2120203886108015 _ ARINI FITRI (PAI).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) |
Abstract
Studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa pembelajaran Al-Qur’an (Ilmu Tajwid) yang dilakukan di MTs Putra DDI Mangkoso masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang variatif seperti metode ceramah, sehingga peserta didik kurang semangat dan merasa jenuh ketika mengikuti pelajaran. kurangnya perhatian peserta didik terhadap pembelajaran akan berimplikasi pada kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik yang kurang memuaskan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan Kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan metode Tahsin berbasis aplikasi Learn Quran Tajwid, 2) adanya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tahsin berbasis aplikasi Learn Quran Tajwid pada peserta didik di MTs Putra DDI Mangkoso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan bentuk Pretest-Posttes Control Group Design. Penelitian ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak dari 2 kelas yaitu VIIIb dan VIIIc dan dipilih secara purposive. Kemudian diolah dengan metode Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 orang peserta didik, 15 orang pada kelas eksperimen dan 15 orang pada kelas kontrol. Hasil penelitian: 1) Kemampuan awal peserta didik dalam membaca al-Qur’an terutama pada ilmu tajwid masih kurang, kebanyakan peserta didik terkendala pada kurangnya pemahaman tentang materi ilmu tajwid yaitu tasydid, mad, waqaf dan gunnah. Dan sesudah penggunaan metode Tahsin melalui aplikasi Learn Quran Tajwid pada fitur materi huruf harokat, tajwid dasar dan tajwid lanjutan, terdapat peningkatan dari hasil test. Pada kelas eksperimen hasil pretest rata-rata 64,33 (kategori kurang baik) menjadi rata-rata 86,67 (kategori sangat baik) setelah posttest. Sedangkan kelas kontrol nilai pretest 62,00 (kategori kurang baik) menjadi rata-rata 68,67 (kategori cukup) setelah posttest. 2) Penggunaan metode Tahsin berbasis aplikasi Learn Quran Tajwid pada peserta didik secara efektif meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik. Hasil perhitungan N-Gain Score bertujuan mengetahui efektifitas peningkatan dalam penggunaan suatu metode atau Treatment. Pada kelas eksperimen ialah 65,27 berkategori cukup efektif meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sedangkan pada kelas kontrol nilai N-Gain Score yang diperoleh ialah 16,95 yang berkategori tidak efektif meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Sehingga penggunaan metode Tahsin berbasis aplikasi Learn Quran Tajwid dalam fitur materi huruf harokat, tajwid dasar dan tajwid lanjutan pada peserta didik di MTs Putra DDI Mangkoso dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dan efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Tahsin, Aplikasi Learn Quran Tajwid |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:37 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:37 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7026 |
Actions (login required)
View Item |