Hamid, Abdul (2023) Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tajwid pada Peserta Didik di Salafiyah Marhala Ulya Pondok Tahfidzul Qur'an As'adiyah Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar tajwid pada peserta didik di Salafiyah Marhala Ulya Pondok Tahfidzul Qur'an As'adiyah Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan audio visual dalam meningkatkan hasil belajar tajwid pada peserta didik di Salafiyah Marhala Ulya Pondok Tahfidzul Qur'an As'adiyah Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Quasi Experimental Design. Dalam penelitian ini peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah Salafiyah Marhala Ulya Pondok Tahfidzul Qur'an As'adiyah Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Hasil belajar tajwid peserta didik di Salafiyah Marhala Ulya Pondok Tahfidzul Qur'an As'adiyah Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar yang diajar menggunakan media audio visual memperoleh 85,71. (2) Hasil belajar tajwid peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional pada materi tajwid di Salafiyah Marhala Ulya Pondok Tahfidzul Qur'an As'adiyah Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar, diperoleh rata-rata (mean) sebesar 72,38. (3) Hasil belajar tajwid peserta didik di Salafiyah Marhala Ulya Pondok Tahfidzul Qur'an As'adiyah Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar yang diajar menggunakan media audio visual memperoleh 85,71. Dan hasil belajar tajwid peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional diperoleh rata-rata (mean) sebesar 72,38. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar tajwid yang diajar menggunakan media audio visual dengan yang diajar menggunakan media konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan bahwa terdapat perbedaan sebesar 13,33 dari nilai 85,71 (kelas eksperimen) dan nilai 72,38 (kelas kontrol)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Audio Visual, Hasil Belajar, Meningkatkan Tajwid
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:36
Last Modified: 06 Sep 2024 08:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7025

Actions (login required)

View Item View Item