Ramlah, Ramlah (2023) Penggunaan Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Kinerja Menulis Recount Text dan Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 6 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203879102004 ramlah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan penilaian portofolio dalam meningkatkan kinerja menulis recount text siswa dan untuk mengetahui dampak penilaian portofolio terhadap kemandirian belajar siswa dalam kinerja menulis. Terdapat dua perbedaan signifikan dalam kemampuan menulis recount text siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan melalui penilaian portofolio. Peneliti menggunakan metode eksperimen kuasi. Data dikumpulkan dengan memberikan pre-test dan post-test. Populasi penelitian terdiri dari 50 siswa dan sampel penelitian adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 6 Parepare, tahun ajaran 2022/2023. Peneliti mengambil semua kelas sebagai sampel, yaitu VIII.2 yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan VIII.1 yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis recount text siswa dengan menggunakan penilaian portofolio pada pre-test dan post-test berbeda secara signifikan. Nilai uji-t lebih besar dari nilai t-tabel, yaitu t-hitung (4,446) > t�tabel (1,667), dan nilai sig. (2-tailed) dari skor post-test lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan penilaian portofolio efektif untuk meningkatkan kinerja menulis recount text siswa. Sementara itu, skor rata-rata kemandirian belajar siswa terhadap penggunaan penilaian portofolio adalah 88,16. Ini mengindikasikan bahwa siswa merespons positif dan setuju bahwa penggunaan penilaian portofolio membantu dan dapat meningkatkan kinerja menulis recount text mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian portofolio, recount text, kinerja menulis, pembelajaran berbasis regulasi diri
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: magang user
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:15
Last Modified: 06 Sep 2024 05:15
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7022

Actions (login required)

View Item View Item