Darmawan, Dedi (2023) Penggunaan Kahoot Sebagai Aplikasi Berbasis Online dan Website untuk Membangkitkan Semangat Siswa Kelas EFL di SMP Negeri 1 Kahu Kec. Kahu Kab. Bone. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203879102005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kahoot merupakan instrument yang sangat baik untuk mendorong keterlibatan siswa dalam lingkungan pembelajaran yang mendalam. Penelitian ini membahas penggunaan Kahoot sebagai aplikasi berbasis online di kelas EFL di SMP Negeri 1 Kahu Kec. Kahu Kab.Bone. Banyak kelas EFL masih menggunakan pengajaran yang berpusat pada guru, yang menyebabkan siswa bosan dan kehilangan minat untuk belajar bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kahoot dapat merangsang antusiasme siswa untuk belajar bahasa Inggris di kelas EFL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menyoroti penggunaan Kahoot untuk merangsang antusiasme siswa di kelas EFL. Penekanan penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas VIII yaitu VII-B yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil pembelajaran siswa dengan Kahoot sebagai aplikasi dan website berbasis online berdampak positif terhadap antusiasme siswa terkait minat, pemicu, perhatian, dan keaktifan interaksi siswa. Peneliti menyimpulkan dari temuan dan diskusi bahwa merangsang antusiasme siswa di kelas EFL dapat dilakukan dengan memasukkan Kahoot sebagai aplikasi berbasis online. Kahoot berhasil meningkatkan antusiasme siswa di SMP Negeri 1 Kahu berkaitan dengan antusiasme belajar siswa, pemicu belajar, peningkatan perhatian terhadap materi yang dipelajari, dan keaktifan siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kahoot, Antusiasme siswa, Aplikasi Berbasis Online
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: magang user
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:14
Last Modified: 04 Sep 2024 08:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item