Alfuhera, Alfuhera (2018) Perbandingan Kompetensi Profesional Guru PAI yang Belum Sertifikasi dan yang Sudah Tersertifikasi Tingkat SMP Se-Kecamatan Panca Lautang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1100.148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Kompetensi profesional adalah suatu kemampuan yang dimiliki seorang guru dalam merencanakan, melaksanakan, mengembangkan serta mengelolah proses pembelajaran di dalam kelas. Sertifikasi adalah suatu pengakuan dalam bentuk sertifikat kepada pendidik yang telah lolos dalam uji kompetensi profesional yang diselenggarakan oleh pihak-pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara kompetensi profesional guru PAI yang belum sertifikasi dan yang sudah tersertifikasi tingkat SMP se-kecamatan Panca Lautang. Jenis penelitian ini adalah komparatif dengan desain kuantitatif komparatif. Adapun sampel penelitian sebanyak 6 orang diambil dari semua populasi. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel dengan mengambil semua populasi dikarenakan populasi relatif kecil dan terjangkau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial dengan menggunakan rumus independent t- test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi profesional guru PAI yang belum sertifikasi berada pada kategori baik , yaitu 66,67%, yang dibuktikan dari hasil analisis angket dari 3 responden. (2) Kompetensi profesional guru PAI yang sudah sertifikasi berada pada kategori baik , yaitu 76,33%, yang dibuktikan dari hasil analisis angket dari 3 responden. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara guru PAI yang belum sertifikasi dan yang sudah tersertifikasi tingkat SMP Se-Kecamatan Panca Lautang, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nilai thitung -2.186 < 2,776 pada taraf signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 22:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 22:32 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/700 |
Actions (login required)
View Item |