Rahman, Rahman (2022) Korelasi antara Penggunaan Media Berbasis TV Smart dengan Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada Peserta Didik Madrasah Aliyah Ponpes Al Wahid Pape Kabupaten Sidrap. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang korelasi antara penggunaan media berbasis TV smart dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik Madrasah Aliyah Ponpes Al Wahid Pape Kabupaten Sidrap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara penggunaan media berbasis TV Smart dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik Madrasah Aliyah Ponpes Al Wahid Pape Kabupaten Sidrap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, penelitian yang melibatkan hubungan satu atau lebih variabel dengan satu atau lebih variabel lain. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu penggunaan media berbasis TV smart yang diberi simbol X dan variabel dependen yaitu motivasi belajar yang diberi symbol Y1 dan hasil belajar yang diberi symbol Y2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) skor penggunaan media berbasis TV smart adalah, 4483 : 5400 = 0,8302 atau 83,02 % dari kriterium yang ditetapkan. Jadi dapat disimpullkan bahwa penggunaan media berbasis TV smart termasuk kategori tinggi. (2) Skor motivasi belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik (variabel Y1) adalah 4869 : 5400 = 0,9017 atau 90,17 % dari kriterium yang ditetapkan. Jadi dapat disimpullkan bahwa pada motivasi belajar Aqidah Akhlak (variabel Y1) termasuk kategori sangat tinggi. (3) Skor hasil belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik (Variabel Y2), yang diperoleh dari hasil penelitian adalah 4656, dengan rata-rata 86,22. Jadi dapat disimpullkan bahwa hasil belajar Aqidah Akhlak (Variabel Y2) termasuk kategori tinggi. (4) Korelasi antara variabel penggunaan media berbasis TV smart (X) dengan variabel hasil belajar (Y2) sebesar 0,617 (korelasi yang kuat), (5) Korelasi antara variabel Motivasi belajar (Y1) dengan variabel hasil belajar (Y2) sebesar 0,705 (korelasi yang kuat) (6) Berdasarkan nilai r hitung 670 > r tabel 0,264, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel penggunaan media berbasis TV smart (X) dengan variabel motivasi belajar (Y1). Selanjutnya diketahui nilai r hitung untuk hubungan penggunaan media berbasis TV smart (X) dengan variabel hasil belajar (Y2) adalah sebesar 0,554 > r tabel 0,264, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel penggunaan media berbasis TV smart (X) dengan variabel hasil belajar (Y2).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: TV smart, Motivasi, Hasil Belajar.
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:04
Last Modified: 04 Sep 2024 07:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6995

Actions (login required)

View Item View Item