Nengsih, Sri (2023) Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Materi Thaharah Berbasis E�Modul Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Mustaqim Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar fiqih materi thaharah berbasis e-modul pada kelas VII Mts Al�Mustaqim Parepare, (2) Untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar materi thaharah yang berbasis e-modul pada kelas VII Mts Almustaqim Parepare, (3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar fiqih materi thaharah berbasis e-modul pada kelas VII MTs Al Mustaqim Parepare Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) yang menghasilkan bahan ajar fiqih materi thaharah berbasis e-modul. Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba adalah peserta didk kelas VII.A MTs Al Mustaqim Parepare dengan jumlah 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi pengamatan keterlaksanaan, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) proses pengembangan bahan ajar fiqih materi thaharah berbasis e-modul ini dilakukan dengan menggunakan model borg and gall yang terdiri dari 10 langkah, namun peneliti hanya mengambil hanya langkah 1-6. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan peneliti. (2) Hasil validasi ahli desain, diperoleh total skor keseluruhan yakni 45 dari skor ideal 48 dengan tingkat persentase 93,75%. Angka ini berada pada skala sangat baik dengan persentase (90-100%). Hasil validasi ahli materi , diperoleh total skor keseluruhan yakni 43 dari skor ideal 48 dengan tingkat persentase 89,58%. Angka ini berada pada skala baik dengan persentase (80-89%). hasil analisis observasi pengamatan keterlaksanaan. Berdasarkan data hasil observasi kerlaksanaan bahan ajar fiqih materi thaharah berbasis e-modul berada pada kriteria 1.91 (1,5 ≤ M ≤ 2,0 : Terlaksana Seluruhnya) maka dapat disimpulkan produk memenuhi kriteria kepraktisan untuk digunakan dalam pembelajaran. (3) hasil analisis respon peserta didik pada uji coba skala kecil persentase yang dihasilkan adalah 93.00%. Jika merujuk pada tabel kriteria interpretasi kelayakan produk bahan ajar fiqih materi thaharah berbasis e-modul masuk pada kategori ‚Sangat Layak‛ (76%-100%), hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala besar.Berdasarkan hasil analisis respon peserta didik pada uji coba skala kecil persentase yang dihasilkan adalah 93.66%. Jika merujuk pada tabel kriteria interpretasi kelayakan produk bahan ajar fiqih materi thaharah berbasis e-modul masuk pada kategori ‚Sangat Layak‛ (76%-100%). Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan bahan ajar fiqih materi thaharah berbasis e-modul sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terkhusus pada materi thaharah, e-modul yang dikembangkan dapat merangsang minat peserta didik dalam proses pembelajaran, dan memberikan dampak psikologis bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Fiqih Materi Thaharah, Berbasis E�Modul.
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:13
Last Modified: 04 Sep 2024 05:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6993

Actions (login required)

View Item View Item