Ilyas, Surniati (2022) Penggunaan TV Smart untuk Meningkatkan Hasil Belajar al�Qur'an Hadis pada Kelas Unggulan MTsN Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108034 Surniati ilyas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan TV Smart untuk meningkatkan hasil belajar al-Qur'an Hadis pada Kelas Unggulan MTsN Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan TV Smart untuk meningkatkan hasil belajar al-Qur'an Hadis pada Kelas Unggulan MTsN Parepare. Penelitian dengan menggunakan model Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttes Control Group Design. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah MTsN Parepare. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik Al�Qur’an Hadist kelas Unggulan di MTsN Parepare sebelum perlakuan (pretest) penggunaan multimedia berbasis video pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata (mean) sebesar 61,33. (2) Hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik yang mengalami peningkatan sesudah perlakuan (posttest)) penggunaan TV smart pada kelas eksperimen di kelas Unggulan di MTsN Parepare, diperoleh rata-rata (mean) sebesar 85,00. (3) Penggunaan TV smart dapat meningkatkan hasil belajar Al�Qur’an Hadis peserta didik pada kelas Unggulan di MTsN Parepare. Berdasarkan hasil t-test diketahui bahwa Thitung adalah 4,135 dengan nilai probabilitas 0,001. Oleh karena probabilitas 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan kelas eksperimen pada pretest dengan rata-rata mean 61,33, sedangkan posttest dengan rata-rata mean 85,00, artinya terjadi peningkatan sebesar 23,667. Jika mean posttest lebih besar mean pretest, maka terdapat pengaruh positif variabel bebas terhadap variabel terikat. Peserta didik dikatakan mencapai hasil belajar yang baik karena telah memenuhi indikator pengetahuan, pemahaman, penerapan, maupun analisisnya, yaitu: dapat menjelaskan dan mendefinisikan secara lisan materi yang disampaikan kepadanya, bisa memberi contoh konkret dan menggunakannya secara tepat, mampu mengelompokkan, dapat menyimpulkan materi yang disampaikan, dapat menggeneralisasi dan mengkritisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: TV smart, Belajar, Kelas Unggulan.
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:10
Last Modified: 04 Sep 2024 05:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6990

Actions (login required)

View Item View Item