Hasriani, Hasriani (2023) Penggunaan Metode Kisah Berbasis Video dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Islam pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MIS DDI Kampung Jaya Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886108029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) |
Abstract
Pendidikan karakter Islam di MIS DDI Kampung Jaya Pinrang belum maksimal dilakukan, kurangnya pemahaman mengenai karakter Islam yang disebabkan oleh penggunaan metode pengajaran yang kurang pas dan tidak menarik bagi peserta didik, sehingga berdampak kepada menurunnya nilai-nilai karakter Islam pada peserta didik. Tesis ini bertujuan untuk meningkatkan nilai�nilai karakter Islam peserta didik pada pelajaran aqidah akhlak kelas IV di MIS DDI Kampung Jaya Pinrang dengan penggunaan metode kisah berbasis video. Desain penelitian menggunakan desain model Kemmis dan Mc Teggart yang setiap siklusnya dilakukan empat tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi, dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimulai dengan observasi awal, siklus I dan berlanjut ke siklus II yang melibatkan 20 peserta didik dan Pendidik aqidah akhlak. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Penggunaan metode kisah berbasis video pada pelajaran aqidah akhlak kelas IV di MIS DDI Kampung Jaya Pinrang, pendidik belum menggunakan dalam proses pembelajaran, pendidik hanya menggunakan metode berkisah langsung kepada peserta didik. 2). Peningkatan nilai-nilai karakter Islam peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MIS DDI Kampung Jaya Pinrang, dari hasil observasi awal diketahui bahwa nilai-nilai karakter Islam peserta didik semakin menurun. Hal ini terlihat dari hasil tes yang diberikan oleh pendidik yang mendapat nilai di bawah ketuntasan belajar yakni persentase rata-ratanya 65% pada kategori kurang baik, sedangkan hasil tes peserta didik pada siklus I mencapai 75% dalam kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai 87% dalam kategori baik. 3). Penggunaan metode kisah berbasis video dalam meningkatkan nilai-nilai karakter Islam pada pelajaran aqidah akhlak kelas IV MIS DDI Kampung Jaya Pinrang, dari hasil observasi penggunaan metode kisah berbasis video pada siklus I yang mencapai 60%-75% dan meningkat lagi pada siklus II yang mencapai 80%-90%, sehingga dapat dikatakan bahwa nilai-nilai karakter Islam pada peserta didik meningkat dengan penggunaan metode kisah berbasisi Video.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kisah Berbasis Video, Nilai-Nilai Karakter Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 05:09 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 05:09 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6989 |
Actions (login required)
View Item |