Sukeriyadi, Mutmainnah (2023) Strategi Acting out pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membiasakan Sikap Sopan Santun Peserta Didik Kelas XI MIA 2 MAN 2 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang tujuan strategi Acting out pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membiasakan sikap sopan santun peserta didik kelas XI MIA 2 MAN 2 Parepare. Hal ini didasari pada kenyataan bahwa lingkungan/ kondisi belajar yang terus berkembang sehingga guru berperan penting dalam menggunakan strategi yang mampu mengembangkan dan membiasakan sikap sopan santun peserta didik. Penulis melakukan pendekatan penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah guru Akidah Akhlak dan peserta didik. Penelitian ini menyajikan data deskriftif berupa data tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang akan diamati, peneliti langsung ke lapangan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dan pengujian keabsahan hasil penelitian yaitu kredibilitas yang dilakukan dengan metode trianggulasi sumber guna mendapatkan data yang jelas. Hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Strategi Acting out dalam pembiasaan sikap sopan santun peserta didik kelas XI MIA 2 MAN 2 Parepare yang dilakukan pada proses pembelajaran yang meliputi pendahuluan inti, pembelajaran dan evaluasi yang telah mencakup sikap sopan santun peserta didik. Penerapan strategi Acting out dalam hal ini lebih banyak memberikan motivasi dan nasehat untuk membiasakan adab-adab dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam berpakaian, berhias, perjalanan. Oleh karena itu, pembiasaan sikap sopan santun tersebut dapat diterapkan oleh guru Akidah Akhlak untuk seluruh peserta didik di MAN 2 Parepare. (2) Strategi Acting out pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang dilakukan guru dalam membiasakan sikap sopan santun peserta didik cukup efektif dalam aspek nilai agama dan moral peserta didik kelas XI MIA 2. Dalam hal ini, guru melibatkan peserta didik atau bisa dikatakan peserta didik memiliki peran penuh dalam kesuksesan pencapaian materi yang akan diajarkan. seperti menghormati orang lain, menghargai perbedaan pendapat, tidak arogan, dan berakhlak mulia. Disimpulkan pembelajaran Acting out bisa diterapkan pada beberapa materi pembelajaran untuk membantu peserta didik untuk memahami serta mudah mengaplikasikan sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Acting out, Sopan Santun, Peserta didik.
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:07
Last Modified: 04 Sep 2024 05:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6987

Actions (login required)

View Item View Item