Suaib, Nurhidayah (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Shalat Fardhu Kelas VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886108017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi shalat fardhu kelas VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi shalat fardhu kelas VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina. (2) Untuk mengetahui multimedia interaktif berbasis android telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif pada materi shalat fardhu kelas VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi model pengembangan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Sammel, dan Melvin I. Sammel yaitu model 4D. Produk multimedia pembelajaran berbasis android telah melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi serta telah diuji cobakan kepada 30 peserta didik kelas VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penelitian ini telah mengembangkan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi shalat fardhu VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina. Adapun proses pengembangan produk menggunakan model 4D diantaranya: (a) Define (tahap pendefinisian), (b) Design (tahap perancangan), (c) Develop (tahap pengembangan), (d) Disseminate (tahap penyebaran). (2) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi shalat fardhu telah memenuhi (a) Kriteria valid, berdasarkan validasi ahli media nilai rata-rata 3,8 dan ahli materi nilai rata-rata 3,6 sedangkan hasil uji coba kelompok kecil rata�rata 3,76 dan uji kelompok besar rata-rata 3,78, (b) Kriteria praktis, hasil observasi pengamatan keterlaksanaan memperoleh nilai rata-rata 1,79, (c) Kriteria efektif, hasil analisis tes hasil belajar meliputi (a) Hasil Uji Paired Sample T-Test nilai signifikansi 0,001 artinya nilai sig < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, (b) Hasil uji N-Gain dilihat dari skor gain yaitu 0,56 kategori sedang. Adapun hasil analisis aktivitas guru 91,52% kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata aktivitas peserta didik 3,50 kategori aktif. Serta hasil analisis angket respon peserta didik diperoleh rata-rata 93%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Interaktif, Shalat Fardhu. |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 05:07 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 05:07 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6986 |
Actions (login required)
View Item |