Parawanti, Ayu (2022) Penggunaan Sevima Edlink dalam Mengelola Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dosen Pendidikan Agama Islam dalam mengelola pembelajaran pada program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, penggunaan sevima edlink dalam mengelola pembelajaran serta kualitas pembelajaran dalam sevima edlink dalam mengelola pembelajaran pada jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Upaya yang dilakukan oleh dosen program studi Pendidikan Agama Islam dalam mengelola pembelajaran dosen membuat rencana pembelajaran semester (RPS), mendasain konten pembelajaran yang menarik. Langkah-langkah dosen dalam menyiapkan materi pembelajaran online yaitu mempersiapan perangkat hardware seperti komputer/laptop/android, kuota dan jaringan, perangkat pembelajaran seperti powerpoint, pdf, video terkait pembelajaran dan model penyampaian materi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan sevima edlink. 2) Penggunaan sevima edlink pada program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare yaitu seluruh dosen Pendidikan Agama Islam diwajibkan menggunakan sevima edlink dalam kegiatan pembelajaran online maupun offline. 3) Faktor pendukung penggunaan sevima edlink dalam mengelola pembelajaran program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah yaitu dukungan pihak kampus, desain yang menarik, pihak pemerintah dan kampus memberikan bantuan, memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk berinteraksi, penguatan penggunaan savima edlink terhadap dosen IAIN Parepare. 4) Faktor penghambat penggunaan sevima edlink yaitu sinyal dan koneksi internet, mahasiswa pasif dan keterbatasan waktu. 5) Kualitas pembelajaran program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare yaitu dengan diterapkannya sevima edlink sebagai media pembelajaran online dan offline memudahkan dosen dalam menyampaikan pesan dan maksud dari materi yang diajarkan secara efektif dan efisien, mahasiswa memahami pelajaran, membuka wawasan keilmuan dan mindset, serta memberikan peluang mahasiswa untuk belajar lebih lama di luar kampus, sehingga diharapkan prestasi belajar mahasiswa menjadi lebih meningkat serta meningkatkan kualitas profesioanal dosen menggunakan teknologi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Sevima Edlink, Mengelola Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:04
Last Modified: 04 Sep 2024 05:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

View Item View Item